Minggu, 10 April 2011

Resep Kue Keju Termasuk nastar


Enaknya saat perayaan hari besar seperti lebaran, atau natal adalah membuat kue keju. Salah satunya adalah nastar, Berikut Bintang berbagi resep praktis untuk membuat kue berbahan keju. Silahkan disimak dan siap untuk dipraktekkan. Gampang banget kok, silahkan dicoba dirumah.
Ada dua resep kue yang menggunakan keju pada kesempatan kali ini :

Nastar Keju

Berikut bahan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kue :
Isi kue:
  • 600 gram nanas, parut
  • 5 cm kayu manis
  • 1/2 sdt garam
  • 200 gram gula pasir
  • 3 butir cengkeh
  • 3 sdt air jeruk lemon
Bahan Kulit pada kue nastar ini:
  • 200 gram margarin
  • 2 kuning telur
  • 425 gram tepung terigu
  • 50 gram susu bubuk
  • 100 gram mentega
  • 100 gram gula tepung
  • 200 gram keju cheddar parut
olesan yang dibutuhkan pada kue nastar ini:
  • 2 kuning telur + 2 sdm susu cair
  • 50 gram keju parut untuk taburan
Cara membuat kue nastar rasa keju ini adalah sebagai berikut
Untuk Isi:
  1. Masak nanas,
  2. kayu manis dan cengkeh sampai kering.
  3. Masukan gula pasir dan garam.
  4. Aduk sampai kering.
  5. Tambahkan air jeruk lemon.
  6. Aduk rata dan dinginkan.
setelah itu
  1. Kocok margarin, mentega dan gula halus selama 30 detik. Tambahkan kuning telur. kocok rata
  2. Masukan tepung terigu, susu bubuk dan keju parut. Aduk rata.
  3. Ambil sedikit adonan, beri isi dan bentuk bulat. Letakan di loyang yang beroles margarin.
  4. Oven 5 menit dengan suhu 140 C. Keluarkan dari oven, oles kuning telur kemudian taburi dengan keju parut.
  5. Oven lagi selama 25 menit dengan suhu 140
Selesai, kue nastar yang nikmat siap dihidangkan untuk keluarga : sumber dari resep ini adalah http://cuek.wordpress.com/2007/10/02/nastar-keju/, sedangkan resep kedua adalah sebagai berikut :

Kastengel alias kue keju

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue keju ini adalah :
  • Mentega 300 gram
  • Kuning telur 4 buah (telurnya sebisa mungkin jangan dari kulkas ya…)
  • Putih telur 1 buah
  • Keju basah (semacam keju Kraft gitu, yang biasa lah pokonya) 100 gram
  • Tepung terigu secukupnya (sediakan sekitar 500 gram)
  • Keju kering (yang keju bola itu loooooh) 100 gram
Untuk olesan : kuning telur secukupnya
Untuk taburan : keju parut secukupnya *ga musti, sesuai selera aja*
Sedangkan cara membuatnya bisa dilihat di resep dibawah
  1. Masukkan mentega, keju kering, dan keju basah, lalu aduk sampai rata
  2. Masukkan telur, aduk lagi sampai rata
  3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata, sampai adonan siap dibentuk. Untuk tahu adonan udah siap dibentuk ato belum, kalo adonan mulai mengeras, bisa diaduk pakai tangan. Kalo adonan udah ga nempel-nempel, berarti udah siap dibentuk
  4. Bentuk adonan sesuai selera. Kalo gw sih standar aja, kayak batang bgituh… Ga punya variasi lain soalnya.
  5. Selesai membentuk adonan, olesi bagian atas kue dengan kuning telur
  6. Setelah diolesi kuning telur, diberi taburan keju parut diatasnya
  7. Panggang dalam oven hingga matang
Selesai! oh ya sampai lupa resep diatas adalah karya dari http://merlitei.multiply.com/recipes/item/2
Silahkan dipilih apakah kue nastar atau Kastengel, semuanya pokoknya sangat enak. Yup nantikan selanjutnya resep keju yang lain.

0 komentar:

Poskan Komentar